Tips Dalam Negosiasi Gaji

Admin Blog 12/1/12
Tips Dalam Negosiasi Gaji - Pelamar kerja sering gugup pada sesi wawancara ketika ditanyai permasalahan nominal gaji. Walaupun dalam memulai suatu pekerjaan tidak dititikberatkan pada gaji, melainkan ingin menambah pengalaman kerja, tapi negosiasi gaji sangat penting untuk kelangsungan kreatifitas (kinerja) kita dalam berkerja.


Negosiasi gaji memang merupakan bukan perkara mudah dalam sesi wawancara kerja. Oleh sebeb itu, saya mengutip tips dari US News tentang negosiasi gaji seperti yang disajikan di bawah ini.

Tips Dalam Negosiasi Gaji

Tidak selalu Ada Negosiasi. Terkadang terjadi kasus dimana Anda tidak perlu untuk menegosiasikan gaji. Ketika pihak perusahaan yang membutuhkan Anda menawarkan gaji lebih tinggi dari perkiraan Anda, maka jangan pernah lagi menaikkan angka tersebut, sebab mereka telah mengalokasikan nominal tersebut sesuai kinerja Anda.

Sebutkan Nominal. Dalam bernegosiasi gaji umumnya memang disampaikan terlebih dahulu oleh sang pencari kerja. Jadi sebutkan kisaran gaji yang inginkan disesuaikan dengan profesionalitas Anda. Jangan memaksa pihak perusahaan menyebutkan standar gaji mereka karena Anda bisa dianggap tidak profesional.

Jangan minta gaji minimal. Beberapa orang menganggap gaji paling minimal ketika masuk kerja bisa segera dinaikkan jika mereka berusaha keras menunjukkan kemampuannya. Jangan tiru cara seperti ini. Sebaiknya tetapkan gaji sesuai standar dan tetap lakukan usaha keras demi meningkatkan kesempatan kenaikan gaji yang lebih tinggi.

Pertimbangan perusahaan. Pencari kerja biasanya khawatir jika mereka menyebutkan angka yang terlalu tinggi untuk gaji, maka perusahaan akan langsung menolak mereka. Tentu saja hal itu tidak benar. Perusahaan tidak akan melakukannya jika Anda mampu bernegosiasi dengan baik dan tidak menyebutkan angka yang tidak masuk akal.

Gaji di Tempat Kerja Lama. Jangan berbohong tentang pemasukan Anda di perusahaan yang lama hanya karena ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi di tempat yang baru. Sebab perusahaan baru bisa saja langsung menghubungi tempat kerja Anda yang lama dan memastikan hal itu.

Itulah tips dalam negosiasi gaji ketika wawancara kerja. Semoga bermanfaat bagi Anda dan mendorong sukses dalam meraih pekerjaan impian.
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment